Oleh: 64diwarman | 24 Februari 2012

SMA 2 BATUSANGKAR “BEDAH” KAMPUS UNAND

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unand Drs. Ali Umar, M.M bersalaman dengan siswaSiswa kelas XII SMA 2 Batusangkar “bedah” kampus Unand Padang. Mereka berjumlah lebih dari 160 orang ditambah dengan 12 orang guru pendamping. Kegiatan ini berlangsung pada hari Jumat tanggal 17 Februari 2012 bertempat di Eksekutif Room Lantai III Gedung Pascasarjana. Rombongan ini diterima oleh Rektor Unand diwakili oleh Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Bapak Drs. Ali Umar, MM, dan Kepala Bagian Pendidikan dan Kerjasama Bapak Drs. Salman, International Student Office Ibu Dr. Ir. Ira, M.Sc.

Ada beberapa kegiatan dalam acara bedah kampus ini. Pemaparan informasi penting tentang Unand dan perkembangannya, diskusi dan tanya jawab, pemberian motivasi kepada siswa, pengenalan lingkungan kampus.

Bapak Drs. Ali Umar, M.M,  dalam paparannya menyampaikan bahwa Unand sudah berdiri sejak 1965, merupakan universitas tertua di luar Pulau Jawa. Sekarang Unand sudah mempunyai 11 fakultas, 38 program studi,  dengan jumlah mahasiswa 25.000 orang. Unand dibangun dengan biaya pemerintah pusat, sumbangan masyarakat dan pemerintah daerah. Pusat Bahasa yang terletak dekat masjid kampus dibangun oleh pemerintah daerah, termasuk Ruang Tanah Datar yang dibantu oleh Bapak Ir. Sodiq Pasadigoe senilai Lima Ratus Juta Rupiah. Sekarang Pusat Bahasa itu sudah bisa dimanfaatkan.

Selain itu untuk bisa menjadi mahasiswa Unand ada tiga jalur masuk. Jalur Undangan, jalur SNMPTN dan jalur mandiri. Untuk mahasiswa yang diterima melalui jalur undangan wajib tinggal di asrama selama satu tahun. Hal ini untuk membentuk akhlak, agama dan disiplin mahasiswa baru agar bisa sesuai dengan suasana perkuliahan. Jadi program Unand bukan hanya akademik saja tetapi pada tahun pertama adalah pembentukan karakter sesuai tuntutan undang-undang sisdiknas.

Daya tampung Unand tahun ini adalah 4910 mahasiswa. Jumlah itu akan berasal 49% diterima melalui jalur ujian tulis, 12% diterima melalui undangan, dan 39% akan diterima melalui seleksi mandiri.

Kemudian dalam sesi tanya jawab, ada beberapa siswa yang bertanya. Dewi Fatmawati dari kelas XII-IA menanyakan tentang prospek  Nurst yang banyak diminati oleh negara-negara Timur Tengah. Dewi Fatmawati bahkan bertanya dalam bahasa Inggris dan berdebat dengan Ibu Dr. Ir. Ira, M.Sc. dari Internasional Students Office. Selanjutnya Bayu Dewantara Putra dari XII-IS menanyakan tentang penyebab 200 orang mahasiswa Unand  akan di drop out. Bayu juga didaulat untuk membawakan puisinya, membuat gedung paska bergetar. Kedua siswa ini  sudah dijamin oleh Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unand untuk diberi beasiswa jika diterima di Unand.

Terakhir adalah harapan dari kepala SMA 2 Batusangakar yang diwakili oleh Bapak Diwarman, S.Pd. M.Si. hendaknyak hal-hal baik yang sudah didapat oleh siswa di Unand bisa menjadi cambuk dan motivasi untuk lebih giat lagi mempersiapkan diri agar bisa memasuki univerisitas. Ucapan terima kasih kepada pihak Unand yang telah memberikan pelayanan prima kepada siswa SMA 2 Batusangkar. [dewe]


Responses

  1. Good!

  2. Tolong di sebar luaskan untuk mensukseskan program bantuan operasional sekolah dari sd sampai sma, Software Laporan SPJ BOS 2013 Gratis http://adf.ly/Jk5lL


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: